CATATAN PERJALANAN ‘CULTURAL TRIP TO GRISSEE V’ (2): Pusponegoro, Sang Bupati Pertama


Prasasti di pintu masuk kompleks makam Pusponegoro

Perjalanan selanjutnya hanya berjarak beberapa langkah dari makam Maulana Malik Ibrahim. Prasasti berukuran hampir satu setengah kali tinggi orang dewasa seolah mencegah para penelusur jejak ‘Cultural Trip Grissee V’ beberapa meter dari pintu masuk makam Tumenggung Pusponegoro.

Seorang filolog, Bapak Amir Syarifudin, membantu para peserta untuk membaca barisan pesan beraksara Jawa yang diukir pada permukaannya. Dari ornamen bebungaan pada bagian puncaknya, dapat diterjemahkan bahwa prasasti tersebut dibuat tahun 1645. Sisi bagian depan menceritakan keluarga Tumenggung Pusponegoro. Sementara bagian belakang mengisahkan sejarah singkat masa itu, salah satunya, tentang kejatuhan Surabaya. Puluhan pasang mata terpaku, yang entah masih familiar atau tidak dengan aksara kuno tersebut, menyimak seksama penjelasan sang filolog.

Gapura makam Pusponegoro

Suasana cukup terik menyengat kepala siang tadi di kompleks makam Tumenggung Pusponegoro, yang merupakan tempat peristirahatan terakhir Sang Bupati Pertama Gresik dan keluarganya. Ranting-ranting pepohonan kamboja yang tumbuh di dalam makam tak memiliki cukup banyak daun untuk menaungi para peserta. Tapi, semangat mereka tak tampak surut. Sebagian memanfaatkan kepintaran ponsel masing-masing untuk merekam penjelasan Bapak Amir Syarifudin, sebagian lagi membuat catatan tangan pada lembaran belakang buku panduan. Guru dan murid sama-sama belajar dalam perjalanan ini.

Mendekati jam 11 siang, kunjungan harus diakhiri untuk menyongsong panggilan Sang Penggores Tinta Sejarah Manusia. Beberapa peserta menyempatkan memetik buah pohon Dewandaru yang tumbuh di pelataran makam Pusponegoro sebagai tanda perpisahan. Dua pohon beringin tua di belakang makam membalas dengan melambaikan dedaunannya yang rimbun dan hijau.

Pohon Dewandaru di depan makam Pusponegoro

Batu Kodok, tak jauh dari pohon Dewandaru

(Eryani W)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s