Membuat Tempat Mainan dari Botol Bekas


Ada beberapa botol besar bekas air mineral Cle* berjajar di samping rumah. Hendak dibuang sayang, tidak dibuang kok jadi menimbun barang. Pada saat yang sama, kardus tempat mainan anak sudah rusak terkena air sewaktu bermain perahu-perahuan. Hmm, sepertinya dua kondisi tadi bisa dijodohkan supaya bisa melahirkan sebuah manfaat.  Sambil menemani anak membongkar pasang pesawat jet mainannya, saya menyiapkan bahan-bahan berikut:

1 buah botol besar bekas Cle*

2 buah cincin gantungan kunci

solder

cutter

gunting

setrika

seutas tali elastis

Tahukah apa yang hendak saya buat? Tentu saja tahu, kan sudah disebutkan dalam judul di atas. Hihihi. Nah, bagaimanakah cara membuat sebuah tempat mainan dari botol bekas tersebut? Silakan ikuti catatan di bawah ini. Percayalah, jauh lebih mudah dan lebih cepat membuatnya daripada mencatatnya!

PEMOTONGAN

1. Bersihkan botol

2. Gunakan cutter untuk memotong bagian atas botol. Sebagai perkiraan ukuran, potong beberapa senti di bawah bagian ‘bahu’ botol (sekitar pada garis teratas pola yang tercetak di badan botol) 

3. Rapikan dengan gunting bila perlu

4. Kini, ada 2 bagian botol yang siap dikreasikan. Bagian botol yang lebih besar digunakan sebagai wadah mainan; selanjutnya disebut Wadah.  Bagian yang lebih kecil digunakan sebagai penutup wadah; selanjutnya saya sebut Tutup.  Letakkan Tutup di atas Wadah untuk memastikan bahwa tempat mainan bisa tertutup dengan baik (meskipun tak bisa rapat seperti kotak mainan di toko).

5. Supaya bekas potongan pada Wadah dan Tutup berkurang ketajamannya, tumpulkan tepian tersebut menggunakan setrika panas. Caranya, gerakkan setrika melingkar mengikuti bentuk tepian Wadah dan Tutup, sambil ditekan lembut. Hati-hati, jangan terlalu lama dan kuat menyetrika, karena bisa menyebabkan tepiannya meleleh.

 

PEMASANGAN ‘ENGSEL’ & TALI ELASTIS

‘Engsel’ yang sudah terpasang. Abaikan lubang-lubang di luar engsel yang tampak pada gambar. Mereka adalah efek samping proses trial and error.

 

Buat ‘engsel’ untuk menautkan Tutup dan Wadah supaya tempat mainan bisa dibuka-tutup dengan baik. Caranya:

1. Panaskan solder.

2. Tautkan Tutup dan Wadah. Tentukan bagian mana yang akan menjadi bagian ‘Depan’  dan bagian ‘Belakang’.

3. Pada bagian Belakang, lubangi tepi Tutup-Wadah secara lurus dan bersamaan dengan solder (tembus). Sekitar 5 cm (sejajar horizontal) dari lubang tadi, buatlah lubang yang sama.

4. Lanjutkan dengan membuat 2 lubang pada bagian Tutup, sejajar vertikal dengan lubang sebelumnya.

5. Pisahkan Tutup dan Wadah. Pada bagian Depan Wadah, buat dua lubang sejajar horizontal, berjarak sekitar 3 cm dari satu sama lain.

6. Hasilnya, pada Wadah terdapat 2 lubang Belakang dan 2 lubang Depan. Pada Tutup terdapat 2 lubang Belakang.

Penampakan lubang Wadah bagian Depan. Tali yang dipakai pada gambar ini semuanya bekas. Satu tali elastis dan satu tali biasa. Jadi, saya gabungkan saja mereka.

 

7. Tautkan kembali Tutup dan Wadah dengan titik lubang Belakang yang sesuai. Masukkan ring secara sejajar vertikal sebagai ‘engsel’.

8. Periksa apakah sudah bisa dibuka tutup dengan baik.

9. Pasang tali elastis pada lubang Depan Wadah, lalu ikat ujungnya hingga membentuk sebuah lingkaran.

10. Tutuplah Wadah dengan baik, kemudian kaitkan lingkaran tali elastis ke bagian leher belakang botol.

11. Tempat Mainan siap digunakan!

Kaitkan tali elastis ke belakang leher botol, seperti cara orang mengenakan kalung.

 

Tempat mainan ini bisa dibuka dengan 2 cara.  Pertama, jika ingin memasukkan mainan berukuran besar, silakan buka tali elastis tadi. Kedua, jika ingin memasukkan mainan berukuran kecil, tidak perlu repot membuka tali.  Buka saja tutup original botol (dalam gambar warna oranye)! Mudah, kan? 

Selamat mencoba! 😍

(Eryani Widyastuti)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s