Cara Memainkan Game: BEAMNG DRIVE


BeamNG.drive-Download-625x250

 

Apa itu BeamNG Drive?

BeamNG Drive adalah game simulasi mobil. Aku bisa menggerakkan mobil seperti dalam dunia nyata; maju, mundur, berkeliling, dan membuat uji coba/tes tabrakan atau ledakan dengan berbagai skenario. Uji coba itu bisa dikombinasikan dengan gravitasi, alat –alat penghancur, peledak, dan lain-lain. Dari uji coba itu, aku bisa mengetahui tingkat kerusakan pada mobil. Dengan skenario yang sama, tingkat kerusakan yang dihasilkan bisa berbeda-beda, tergantung jenis mobilnya. Yang paling aku sukai dari game BeamNG Drive adalah efek tabrakan dan ledakannya yang realistis. Biasanya, sebelum menabrak/meledak, aku mengubah kecepatan gerakannya menjadi sangat lambat/slow-mo. Jadi proses menabrak/meledaknya kelihatan lebih jelas dan bagus.

 

Berguru pada WhyBeAre

Pertama kali aku bermain BeamNG Drive, aku tidak tahu caranya. Bapak dan Ibu juga tidak paham cara memainkan BeamNG Drive. Setelah dibantu browsing di internet oleh Bapak, aku berhasil menemukan video-video tentang cara bermain BeamNG Drive di Youtube, yang dibuat oleh YBR (WhyBeAre). Video-videonya asyik dan mudah sekali untuk dipelajari. Dari situ, aku jadi tahu cara bermain BeamNG Drive. Pada bagian bawah video YBR, aku bisa menemukan link-link download mods (map, vehicle) yang baru saja diperagakan dalam video itu. Jadi, YBR adalah guruku dalam bermain game ini. Kalau kalian ingin melihat video YBR, caranya gampang. Buka saja Youtube, lalu masukkan kata kunci ‘beamng drive YBR’.

 

Istilah-istilah dalam BeamNG Drive (dan beberapa fungsi tombol)

Sebelum aku menjelaskan tentang cara bermain BeamNG Drive, akan aku terangkan beberapa istilah yang aku ketahui tentang game ini.

Menu: tekan tombol ctrl +E untuk memunculkan menu pada sebelah kiri layar

Vehicle: istilah untuk obyek yang digerakkan dalam game. Vehicle meliputi mobil (car), pesawat (airplane), meriam (cannon), alat penghancur (crusher), tabung gas (propane tank), boneka manusia/manekin (dummy), dll. Penggolongan ini berdasarkan folder dalam files system di komputer. Tapi, pada Menu, obyek selain mobil digolongkan sebagai Props/Properties.

Map: istilah untuk tempat/lingkungan/background/area, di mana vehicle akan dijalankan. Contoh: Grid Map, Utah USA, Leap of Death, dll.

Spawn New: istilah untuk menambahkan vehicle.

Environment (icon gambar awan): salah satu menu yang sering aku gunakan. Gunanya untuk mengganti gravitasi (tinggal pilih: Moon gravity, Earth, Mars, dll), kecepatan angin, dll. saat bermain BeamNG Drive.

P (Parking Brake): Istilah yang menerangkan tanda pengereman mobil, supaya mobil tidak bergerak kemanapun. Untuk mengerem, klik tombol Spasi.

ABS (Anti-lock Breaking System): Istilah yang menerangkan tanda pengereman mobil, yang dilanjutkan dengan gerakan mundur. Klik kursor bawah.

Slow-mo (slow motion): untuk memperlambat kecepatan mobil/gerak lambat. Klik ctrl+E, Menu, pilih Environment (gambar awan), pilih Simulation Speed.

Camera: untuk melihat sudut pandang yang berbeda saat bermain game. Klik tombol C, sambil menggerakkan sudut pandang dengan tombol kursor.

World Editor: berfungsi untuk mengedit Map. Misalnya untuk meninggikan/merendahkan/menggeser bangunan/ruangan. Klik F11.

 

Cara Bermain BeamNG Drive

1. Buka beamng drive dengan cara klik iconnya

2. Pada Menu, Klik tombol Drive (seperti gambar buku bertumpuk, paling atas sendiri)

3. Tersedia dua pilihan mode, yaitu Scenarios dan Freeroam

A. Scenarios: bermain sesuai petunjuk game. Targetnya adalah memenuhi checkpoints.

Klik salah satu menu, misal Test Drive 1

-Klik tombol Play pada Menu

– Jalankan mobil hingga menembus tower lingkaran merah. Begitu seterusnya, sampai checkpoints terpenuhi.

-Cara menggerakkan mobil: gunakan tombol Kursor (atas-bawah, kanan-kiri). Tombol Kursor Atas untuk berjalan maju; tombol Kursor Bawah untuk rem, lalu mundur; dan tombol Kursor Kanan-Kiri untuk berbelok.

B. Freeroam: bermain bebas sesuai keinginan kita. Inilah yang biasa aku mainkan.

-Gunakan tombol Tab untuk pindah antar obyek yang ingin digerakkan

Mengganti Vehicle

Klik Vehicle (icon bergambar mobil) pada menu samping kiri. Pilih salah satu, klik. Jika ingin mengganti warna, klik Color. Bila sudah selesai, klik Replace. Akhiri dengan klik Play.

Bila ingin mengganti mobil/vehicle yang sudah ada dengan mobil lain, klik Tab  untuk diarahkan pada vehicle/mobil yang ingin diganti, klik Vehicle  pada Menu, pilih jenis mobil/vehicle lain, klik Replace.

Menambahkan Vehicle (mobil)

Lakukan cara yang sama seperti mengganti vehicle di awal tadi, tapi jangan klik replace. Sebagai gantinya, klik Spawn New. Akhiri dengan klik Play.

Menambahkan Crash Test Dummy

Crash test dummy termasuk golongan vehicle. Bila ingin memasang, caranya sama seperti menambah/mengganti vehicle di atas. Klik Vehicle pada menu kiri, pilih Dummy. Klik Spawn New. Klik Play. Klik Tab untuk mengarahkan obyek pada dummy. Jika ingin memasukkan dummy ke dalam mobil, caranya: atur posisi kamera ke arah tempat yang kita inginkan, misal bak truk (gerakkan dengan touch pad). Klik F8, F7 secara berurutan, terus menerus, sampai dummy masuk ke tempat yang diinginkan. Ini harus dilakukan dengan telaten agar posisinya pas. Gunakan bantuan tombol J (pause) untuk menahan jatuhnya dummy, supaya bisa menata posisi kamera. Lalu, klik Play. Jalankan mobil bersama Dummy.

Menambahkan Cannon

Cannon juga termasuk vehicle, jadi prinsip kerjanya pun sama. Sebagai tambahan, untuk menembakkan meriam/cannon, klik tombol T.

4. Cara Memasang/Install Mods (vehicle dan map) Baru

Download file yang diinginkan terlebih dahulu lewat browse, cari dengan kata kunci ‘beamng drive mods’  atau gunakan link dari YBR. File hasil download biasanya berbentuk zip file.

-Klik kanan pada file, extract all. Pergi ke folder hasil extract. Buka folder. Klik folder vehicle di dalamnya, sampai bertemu dengan folder terakhir yang berisi file. Misalnya, dalam folder  civic. Setelah itu, Copy/Cut.

-Buka: Drive C/Program Files (x86)/Steam/Steamapps/Common/BeamNG/vehiclePaste di folder ini — untuk file vehicle

-Buka: Drive C/Program Files (x86)/Steam/Steamapps/Common/BeamNG/levelsPaste di folder ini — untuk file maps

 

Sampai di sini penjelasanku tentang cara bermain game BeamNG Drive. Lain kali, akan aku jelaskan bagaimana cara menerbangkan pesawat dalam game BeamNG Drive. Bila ada pertanyaan, silakan tinggalkan pada kolom komentar. Terimakasih telah membaca.

Selamat bermain!

 

[Isi artikel oleh Paksi Bhumisena (7 tahun), dinarasikan oleh Eryani Widyastuti] 

 

Advertisements

2 thoughts on “Cara Memainkan Game: BEAMNG DRIVE

    • Tinggal pencet tombol panah di keyboard buat maju mundur. Di artikel itu sudah aku tulis caranya, kok. Coba baca, deh.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s