DIY: Membuat Sendiri Kartu Kuartet Upin-Ipin


image

Kartu kuartet adalah salah satu permainan favorit saya sewaktu kecil. Selain seru dimainkan ramai-ramai, gambar-gambar yang tercetak pada setiap kartu membuat saya semakin betah memainkannya. Bagaimana tidak, kartu kuartet kebanyakan bergambar tokoh-tokoh film favorit atau superhero populer. Cara mainnya pun gampang. Tugas setiap pemain adalah mengelompokkan kartu-kartu yang ada di tangannya. Dulu, untuk membeli satu set kartu kuartet, saya harus rela menyisihkan uang jajan selama beberapa hari atau sekalian tidak jajan hari itu.

Nah, keasyikan bermain kartu kuartet ini juga ingin saya tularkan pada anak. Tapi jaman sekarang, sepertinya kartu kuartet tidak ada/jarang dijual. Ah, bagaimana kalau membuat sendiri saja? Hm, bagaimana caranya, ya? Saya berusaha browsing mengenai cara membuat kartu kuartet, tapi tak kunjung menemukan. Ya sudah, akhirnya saya mereka-reka sendiri.

Kunci pembuatan kartu kuartet ini adalah software/aplikasi gambar yang memliki banyak tools semacam photoshop dan ketrampilan untuk mengoperasikannya. Nah, masalahnya, di laptop saya hanya ada program Paint bawaan Windows dan ketrampilan mengolah gambar saya juga terbatas. Tapi tak apa, coba saja!

Setelah melewati beberapa eksperimen, tertariklah kesimpulan bahwa yang saya bisa menggunakan Paint, Word, dan aplikasi edit gambar online picmonkey, serta bantuan Google Search untuk mendapatkan gambar. Berikut caranya:

1. Membuat rancangan isi kartu

Tema yang dipakai adalah Upin-Ipin, serial favorit ‘sejuta umat’. Ada 8 kelompok kartu yang dibuat, beberapa diantaranya: Upin & Ipin, Bersama Atok. Masing-masing kelompok berisi 4 kartu. Usahakan berjudul pendek. Contoh:

Upin & Ipin:

-Mengaji      – Menolong      -Menyayangi     -Bersemangat

Bersama Atok:

-Bercerita        -Petik kelapa      -Membuat layang-layang

-Mencari ayam

2. Menentukan gambar

Untuk mendapatkan gambar kartu, gunakan Google Search – Gambar. Pilih gambar yang sesuai dengan rancangan judul-judul yang telah dibuat tadi. Tapi ingat ya, bahwa gambar-gambar ini memiliki hak cipta. Jadi, jangan dipakai untuk kepentingan komersil. Usahakan gambar memiliki orientasi portrait dan memiliki piksel yang cukup, supaya hasil olahan gambar nanti tidak pecah. Bila memilih orientasi landscape, siap-siap akan ada banyak bagian gambar yang terpotong.

google image-kuartet

Oya, saya juga mencari gambar untuk bagian belakang kartu. Saya olah hingga jadi seperti ini:

kuartet back

3. Menyiapkan template

Supaya nanti hasilnya mudah diprint, saya terpikir untuk memakai template kartu nama. Tapi rupanya, saya tidak punya template tersebut. Untunglah, saya ada situs yang menyediakan fasilitas download template gartis. Dengan sedikit modifikasi, jadilah template seperti ini.

template

Nah, sel-sel/kotak-kotak itu bakal menjadi tempat gambar kartu diletakkan sesudah diolah. Untuk mendownload template kuartet di atas, silakan klik di sini.

4. Mengolah gambar menggunakan Paint

Bagian yang harus super telaten selain mencari gambar-gambar adalah mengolah gambar. Karena gambar-gambar yang dikumpulkan tadi berasal dari berbagai situs, maka ukurannya pun tidak standar. Ada yang terlalu besar, terlalu kecil, dan sedang. Maka, saya tentukan patokan pengolahan gambar dengan rasio sekitar 5×7.

-Buka program Paint, lalu buka file gambar yang akan kita proses. Jom, kite mulakan!

editing1

5. Mengolah gambar menggunakan Picmonkey

-Buka situs www. picmonkey.com

-Letakkan kursor pada menu Edit. Lalu pilih Computer. Artinya, kita mengedit gambar yang file-nya diambil dari komputer.

picmonkey1

-Pilih menu Crop. Pilih proporsi 5x7. Posisikan dan sesuaikan ukuran kotak crop seperti yang diinginkan. Klik Apply.

crop

 

-Klik tombol Text. Klik Add TextPilih tipe font dan ukurannya. Ketik judul-judul kartu. Untuk judul kartu yang diolah, beri warna berbeda (saya pilih merah). Atur-atur sedemikian rupa, bila sudah selesai, klik Save.

teks

Kurang lebih, jadi seperti ini:

UpinIpinMenyayangi

6. Mengatur gambar dalam template Word

Buka file template tadi di program Word. Letakkan kursor pada salah satu kotak. Klik Insert – Picture, pilih gambar yang sudah selesai diolah tadi. Sesuaikan ukuran gambar dengan ukuran kotak.

Kelompok kartu UPIN-IPIN

kolasekuartet

Kelompok kartu BERSAMA ATOK

kolasekuartet2

Ulangi langkah 1-6, hingga semua gambar selesai. Total ada 32 gambar, dengan 8 kelompok kartu.

7. Print, cut, and play!

Permainan kartu kuartet ini bisa juga digunakan untuk membantu anak belajar, lho! Ganti saja gambar Upin-Ipin dengan gambar hewan, benda, bentuk, warna, atau apa saja sesuai topik yang ingin dipelajari anak. It will be a fun learning!

Cara Main:

Tujuan permainan ini adalah mengelompokkan kartu sesuai judul utama. 1 kelompok kartu berisi 4 kartu dengan sub judul berbeda-beda. Siapa yang berhasil mengelompokkan kartu paling banyak, dialah pemenangnya.

-Kocok kartu terlebih dahulu, supaya kartu teracak rata

-Bagikan kartu kepada semua pemain. Setiap pemain dapat 4 kartu acak.

-Sisa kartu ditumpuk di tengah sebagai ‘minuman’.

-Pemain pertama menyebutkan judul kartu, misal: Upin-Ipin. Jika pemain lain memiliki kartu yang disebutkan tadi, mereka harus memberikannya pada pemain pertama. Lalu, pemain pertama meminta judul lain lagi, sampai tidak ada lagi pemain lain yang bisa memberikan kartu permintaannya. Jika sudah tidak ada yang punya, maka pemain pertama harus mengambil satu kartu dari tumpukan kartu di tengah. Istilahnya ‘minum’.

-Kemudian, lanjut pemain kedua meminta kartu dengan cara yang sama seperti pemain pertama. Begitu seterusnya, sampai tumpukan kartu ‘minuman’ di tengah tadi habis.

-Untuk level yang lebih sulit, judul bisa disebutkan lengkap. Misal: Upin-Ipin Menyayangi.

Selamat mencoba dan bersenang-senang! 🙂

 

(Eryani Widyastuti)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s