Resensi Buku: CREATIVE WRITING (Tips dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel)- AS Laksana


Creative writing as laksana.jpeg

Ini adalah buku tips menulis terbaik yang pernah saya baca. Sekilas, judul yang ditawarkan oleh buku bersampul simpel ini memang tidak jauh berbeda dari buku-buku tips menulis lain. Tetapi, jangan terburu beranjak dulu! Cobalah balik sampul bagian belakang. Kita akan menemukan 24 tips yang dibahas dalam buku. Perhatikan baik-baik. Maka kita akan tahu bahwa A.S. Laksana memaparkan hal-hal yang seringkali dialami para penulis pemula, tetapi sering pula tak tertangkap oleh tips-tips menulis lain (setidaknya yang pernah saya baca). Semisal bagaimana kita melibatkan kelima indra kita untuk menciptakan kalimat-kalimat menarik dan bagaimana ajaibnya Strategi Tiga Kata memancing keluar ide-ide unik dari kebuntuan pikiran kita. Jika kita selalu saja menulis deskripsi tokoh atau situasi cerita dengan cara yang membosankan, maka, silahkan mengintip tips Show, Don’t Tell.

Memang tampaknya, buku ini cukup tebal (208 halaman) untuk ‘sekedar’ memuat tips menulis. Tetapi, percayalah. Isinya bukan ‘ala kadar’. Bergizi tanpa lupa untuk menjadi renyah. Efektif namun reflektif. Sebab, proses menulis kita bisa berkaca di sini tanpa harus terlalu mendayu dan membuang waktu. Apakah kita tipe penulis yang menuangkan seluruh isi kepala tanpa peduli akan menjelma menjadi siksaan untuk pembaca? Mungkin kita juga sering lupa bahwa tokoh-tokoh rekaan kita seharusnya mempunyai gaya bicara, pemilihan kata, dan sikap yang tidak sama, oleh sebab perbedaan karakter. AS Laksana benar-benar memahami seluk beluk terciptanya sebuah cerpen dan novel. Sehingga, ia tahu benar apa-apa yang sering digalaukan para penulis pemula. 

Sebagai penggugah semangat menulis kita, saya ingin mengulang seruan yang tertera pada halaman 9: Menulislah yang buruk!

 

“Orang yang tidak pernah melakukan kesalahan biasanya tidak menghasilkan apa-apa.”

-Edward John Phelps (1822-1900), diplomat dan ahli hukum Amerika-

 

(Eryani Widyastuti)

 

———————————————————————————————————-

Ingin membaca resensi-resensi buku lainnya? Klik di sini.

———————————————————————————————————–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s