Aku Mencintai Puisi, Karena Kau Mencintainya


puisi

Pernah di suatu rentang dalam hidupku, aku tak mengenal puisi

Semesta asing penuh kata-kata ganjil yang selalu gagal kupahami
Tak punya rasa ketika membacanya
Tak tergerak jiwa meski dipanggil oleh suaranya

Hingga suatu hari,

Suluh keibuan mendorongku membawakanmu sepotong puisi
Sepotong lagi… sepotong lagi…
Berpotong-potong puisi…

Kau terdiam ketika pemutar lagu memperdengarkan suara Gus Mus
Menggetarkan udara kita dengan ‘Taddarus’ atau ‘Aku Harus Bagaimana’
Lalu, aku pun mencintai puisi

Kau memintaku membacakan ulang, ulang, dan ulang ‘Malam Sebelum Badai’ di mana Taufik Ismail menitipkan ceritanya
Lalu, aku pun mencintai puisi

Kau terus menunjuk-nunjuk halaman buku di mana Rendra menorehkan kata-katanya dalam rangkaian ‘Jangan Takut Ibu’
Lalu, aku pun mencintai puisi

Kau yang mengajarkan padaku, tak perlu gengsi bila tak memahami puisi
Sebab, keindahan puisi bisa dirasa, tanpa perlu memahami makna
Seperti kisah ‘Panmunjom, Musim Panas 1970’ atau seruan ‘Hei, Remco!’ yang seringkali berhasil menjadi pengantar lelapmu

Kau juga yang membukakan mataku bahwa sebenarnya hatiku menyimpan begitu banyak puisi
Tak perlu takut menuliskannya
Sebab, kau akan selalu menyukainya
Meski hanya kau
Lalu, aku pun mencintai puisi, dan mencoba menuangkannya

Aku tetap mencintai puisi, meski terkadang, kau lupa untuk mencintainya
Aku tetap mencintai puisi, meski terkadang, kau lupa untuk memintanya lagi
Asyik dengan permainan kanak-kanak yang melenakan waktu

Ya, aku mencintai puisi, karena kau mencintainya
Dan bila kau berhenti mencintainya
Aku akan membawamu kembali
untuk mencintainya kembali
Karena aku tahu, setiap detakan kehidupan selalu merindukan untuk mencintai…
satu atau dua potong puisi

[ Eryani Widyastuti ]

 

———————————————————————————————————-

Ingin membaca puisi-puisi lain? Klik di sini.

———————————————————————————————————–

Leave a Reply

