Dua Penghuni Tanaman Pandan


wpid-wp-1432022596353.jpeg

Dua penghuni tanaman pandan di halaman rumah cukup membuat saya takjub ketika menemukan mereka. Masih lekat dalam ingatan, dulu, halaman ini begitu kerontang, dilengkapi dengan hawa kota yang panas. Lalu, tahap demi tahap, saya letakkan tanaman-tanaman untuk memberikan sedikit kesejukan. Sekarang, mulailah berbagai macam serangga bermunculan. Ada yang datang, kemudian tinggal selama beberapa waktu. Ada pula yang hanya berkunjung, kemudian berlalu.

Dua penghuni tanaman pandan ini mengingatkan saya, bahwa dulu, saya menganggap serangga maupun tanaman-tanaman sebagai hal biasa. Tetapi kemudian, saya memutuskan untuk belajar mencintai alam meski dengan cara yang masih sederhana. Perlahan menyesuaikan cara hidup dengan mempertimbangkan keberadaan alam dan memupuk ketakjuban pada penghuninya. Sesuatu yang telah banyak tergerus oleh laju perubahan gaya hidup yang semakin modern dan semakin melupakan alam. Sesuatu yang sedang berusaha saya tumbuhkan dalam jiwa anak.

Saat ini, dua penghuni tanaman pandan ini, masih kalah menarik dibandingkan gadget dan mainan di mata anak. Namun, tak mengapa. Pendidikan bukanlah proses yang berlangsung dalam satu atau dua hari. Pendidikan adalah proses menanam dan memberi waktu pada sang benih untuk tumbuh, sambil merawatnya dengan tulus. Hingga suatu saat di masa depan nanti. Ketika anak melihat rerumputan dan belalang, bebungaan dan kupu-kupu, memorinya akan memutar kenangan pada suatu siang, di mana ibunya berbisik takjub melihat dua penghuni di balik dedaunan hijau pandan, lalu mengendap-endap, serta mengamati mereka dengan mata berbinar. Kemudian, klik! Memotret mereka melalui mata kamera dan mata hati.

[ Eryani Widyastuti ]

 

———————————————————————————————————-

Ingin membaca cerita-cerita keseharian BOS lainnya? Klik di sini.

———————————————————————————————————–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s