Resensi Buku: Antariksapedia National Georgaphic Kids


antariksapedia

Penulis dan Ilustrator: David A. Aguilar

Penerbit: National Geographic Washington, D.C.

Dicetak dan Diterjemahkan oleh: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), 2014

 

“Kosongkan pikiran kalian sejenak dan coba bayangkan. Segala sesuatu yang kalian lihat di alam semesta hari ini — seluruh bintang, galaksi, dan planet yang melayang-layang di ruang angkasa– tidak ada.”

Itulah kalimat pembukaan bagian pertama dengan judul Alam Semesta Dimulai Dengan Ledakan Besar. Sangat menggelitik. Buku Antariksapedia ini memang istimewa. Ditulis dan diilustrasikan secara renyah namun berkualitas oleh David A. Aguilar, yang memang seorang pecinta astronomi, penyelidik alam, ahli astronomi, dan seniman astronomis.

Hasrat David A. Aguilar yang besar untuk membawa keajaiban antariksa kepada khalayak ramai terpancar kuat dari ilustrasi dan kalimat-kalimat yang disusunnya. Keduanya memancing rasa ingin tahu dan rasa ingin menjelajah lebih jauh lagi, menebarkan aura misterius dan tak terduga alam semesta, dan menjadi informatif tanpa overdosis informasi, namun cukup berhasil memberikan gambaran besar tentang alam semesta.

Sadarkah kita? Ternyata, trilyunan galaksi dengan bintang, planet, satelit, lubang hitam, asteroid, dan segala tetek bengeknya (termasuk manusia) hanyalah 4% dari keseluruhan alam semesta! Sedangkan 23% merupakan zat misterius yang mempunyai gaya gravitasi, tetapi tidak memancarkan radiasi; yaitu Zat Gelap (Dark Matter). Zat Gelap inilah yang menyelubungi semua galaksi, menjaganya supaya tetap bersatu dan tidak tercerai-berai. Lalu, berupa apakah bagian terbesar dari alam semesta ini? 73% dikuasai oleh Energi Gelap (Dark Energy). Berlawanan dengan Zat Gelap, Energi Gelap ini malah berusaha memisahkan segala sesuatu di alam semesta.

Membaca bagian ini membuat hati saya tersentuh, hingga ingin menangis karena mengingat Ke-akbar-an Sang Pencipta dalam Karya-Nya yang Agung, dan betapa tak berdayanya, tak berartinya manusia dibanding keluasan alam semesta. Ini adalah suatu reaksi yang jarang saya dapati saat membaca ensiklopedia ataupun buku pelajaran. Berbeda dengan jaman sekolah dulu; saya memang ingin menangis ketika membaca buku pelajaran; bukan karena terharu , tetapi mengingat teori-teori yang tak kunjung menempel di kepala, padahal besok ada ujian.

Secara subyektif, saya ingin mengatakan, buku karya David A. Aguilar adalah ensiklopedia yang istimewa. Tak hanya membuka pintu pengetahuan dengan berbagai ilustrasi, pertanyaan, dan pernyataan kritis imajinatif, tetapi juga menyentuh jiwa pembacanya. Sesuatu yang sepertinya diabaikan oleh banyak penulis ensiklopedia.

Membaca buku Antariksapedia tidak akan membuat pembacanya tahu banyak tentang alam semesta. Namun, malah menjadi tahu bahwa dirinya tidak tahu apa-apa. Menyadarkan pembaca, bahwa umat manusia masih membutuhkan usaha eksplorasi yang tak tak terhingga besarnya untuk menguak misteri alam semesta. Sehingga, fakta/teori sains yang kita yakini sebagai kebenaran hari ini, bisa saja berubah karena penemuan-penemuan baru di kemudian hari. Selama manusia mempelajari sains bukan untuk sekedar menjawab soal-soal ujian sekolah, perubahan dinamis ilmu pengetahuan adalah kabar yang sangat menggembirakan.

Dan, demikianlah David A. Aguilar menutup buku ini:

“Zona layak huni bintang Alpha Centauri B berjarak sekitar 65 juta mil (105 juta km). Apa yang akan kita temukan di sana? Planet biru-hijau seperti Bumi kita? Bentuk-bentuk baru kehidupan? Saat kita menatap planet-planet di sekeliling Alpha Centauri B, apa yang akan membalas tatapan kita?”

 

[ Eryani Widyastuti ]

 

———————————————————————————————————-

Ingin membaca resensi-resensi buku lainnya? Klik di sini.

———————————————————————————————————–

Advertisements

2 thoughts on “Resensi Buku: Antariksapedia National Georgaphic Kids

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s